Rabu, 14 Agustus 2013

Grade uang kertas

Grade uang kertas



Assalammu'alaikum Wr. Wb, salam sejahtera bagi kita semua, terima kasih sudah datang dan menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel dan ulasan saya.Tanpa basa-basi,disini saya akan menjelaskan bagaimana menggrade uang kuno yang baik dan benar menurut standarisasi IBNS ,baik itu berbahan kertas maupun koin, akan tetapi saya disini akan menjelaskan detailnya untuk menggrade uang kertas.

Supaya tidak menimbulkan perbedaan pendapat tentang kualitas suatu uang kertas maka kalangan numismatik membutuhkan suatu standarisasi, yang disebut grading. The international Bank Note Society (IBNS) menerapkan standarisasi grading yang terdiri dari :


1. UNC atau Uncirculated
yaitu keadaan sempurna dengan semua sudut tajam, tidak ada cacat sedikitpun, bersih, dan permukaan kertas masih berkilau. Sebagai ilustrasi adalah selembar uang kertas yang diambil dari segepok uang baru yang masih tersegel.




2. AU atau Almost Uncirculated : keadaan uang yang hampir sama dengan di atas tetapi ada minor mishandling seperti lipatan pada sudut, atau lipatan halus pada bagian tengah, tetapi tidak boleh keduanya, selain itu kondisi uang harus bersih dan berkilau seperti aslinya, semua sudut harus tajam.




3. EF/XF atau Extremely Fine : kertas dalam keadaan baik, crisp atau kaku, masih memiliki kilau pada permukaan, dan memiliki maksimum lipatan tipis atau satu lipatan tajam, sudut sedikit membundar.


4. VF atau Very Fine
uang kertas telah dipakai namun masih tetap crisp, ada sedikit kotor dan beberapa lipatan vertikal dan horisontal namun tidak sobek.





5. F atau Fine
uang telah sering terpakai dengan beberapa lipatan dan tidak crisp lagi, tidak terlalu kotor, mungkin ada sedikit sobek pada bagian margin tetapi tidak masuk ke gambar, warna masih jelas.

Demikian ulasan tentang cara menentukan grading uang kertas menurut standarisasi IBNS, semoga bermanfaat bagi numismatik pemula maupun kalangan senior.

Saya ucapkan terima kasih kepada blog Uang Kuno yang sudah memberikan referensi tentang penggradingan uang kuno.

Dan saya ucapkan terima kassih kepada para pengunjung blog yang sudah menyempatkan membaca ulassan saya yang sedikit banyak semoga bermanfaat. 


*)Dikutip dari blog uang kuno dan majalah numismatik indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.